Monday, March 7, 2016

Hanya beberapa daerah di Indonesia yang bisa menyaksikan fenomena gerhana matahari total tanggal 9 Maret 2016 mendatang

Gerhana matahari total yang terjadi pagi hari akan membuat langit menjadi gelap selama beberapa saat. Matahari yang biasanya memancarkan sinar terang maka saat gerhana akan tertutup bulan sehingga korona atau mahkotanya bisa terlihat. 

"Ketika gelap piringan matahari tertutup seperti kondisi magrib, tapi kalau magrib masih ada senjanya. Kalau ini gelap ada cahayanya lembut sekali, suasana seperti ada cahaya bulan, gelap. Masih bisa lihat sekitar tapi remang-remang," ucap Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)

Beberapa daerah yang akan dilewati gerhana matahari total Padang, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makasar, Kupang, Manado, Ambon


Jalur Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016
Jalur Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016


di Jakarta, gerhana matahari akan terjadi sebesar 88,76 persen. Matahari mulai tertutup bulan pukul 06.19 WIB dan akan berakhir pada 08.31 WIB. Namun perlu dicatat, bagi yang ingin melihat gerhana matahari sebagian harus menggunakan filter baik itu kacamata khusus gerhana matahari yang sudah dilengkapi filter matahari atau teropong agar retina mata tidak rusak karena terkena sinar matahari langsung.


" Sesungguhnya Matahari dan Bulan adalah dua tanda diantara tanda-tanda kekuasaaan Allah. Gerhana ttidak terjadi karena kematian seskanlah shalat dan seseorang atau lahirnya seseorang. jika melihat tersebut maka berdo'alah kepada Alllah, Bertakbirlah, Kerjakanlah Shalat dan Bersedekah (HR. Bukhari No.1044) "

0 comments:

Post a Comment